Tugas Ke-2 IAD


TUGAS KELOMPOK IAD
NO ABSEN 27 DAN 28
Nama Anggota          : 1. Resti Fauji
                                      2. Risa Amaliah
Semester/Tingkat      : 4 (empat)/2 (dua)
Progam Studi             : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Matakuliah                : Ilmu Alamiah Dasar
Dosen                          : Dr. Nia Jusniani, S.Pd., M.Pd.

Pertanyaan dari absen 27
Mengapa keanekaragaman makhluk hidup mengenai hewan perlu dilestarikan ? dan apa manfaat bagi kelangsungan hidup manusia ?
Jawaban dari absen 28
Indonesia memiliki keanekaraman hayati yang tinggi. Di Indonesia terdapat bernagai hewan dan tanaman endemik yang tidak dapat ditemukan di wilayah lain. Namun sayangnya banyak hewan yang ditemukan di Indonesia langka dan bahkan terancam punah. Kita harus melestarikan hewan ini dan menjaga dari kepunahan, karena hewan ini penting untuk kelangsungan ekosistem.
Misalnya, orangutan merupakan pembantu persebaran berbagai buah liar di hutan. Ketika orangutan makan mereka akan mencerna buah liar dan akan menyebarkan bijinya ketika buang air. Tanpa adanya orangutan maka keberlangsubgan hutan akan terancam karena komponen penting ekosistem yaitu penyebar dalam perkembangbiakan tanaman tidak ada.
Demikian pula harimau dan macan tutul membantu mengendalikan populasi babi liar dan hewan lainya. Tanpa adanya harimau dan macan tutul hewan pemakan tanaman hutan akan berkembang banyak dan merusak hutan.Selain demi menjaga keseimbangan ekosistem, pelestarian hewan langka juga penting karena akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Indonesia.
Hewan langka seperti harimau, orangutan dan gajah adalah obyek wisata yang populer. Dengan adanya hewan ini, masyarakat sekitar dapat memperoleh pendapatan dari kegiatan pariwisata. Hewan liar juga bermanfaat dalam pertanian, misalnya lebah sebagai penyerbuk bunga tanaman di perkebunan. Dari hewan langka juga bisa diperoleh bahan obat-obatan. Misalnya dari bisa ular atau dari senyawa di liur komodo bisa di ekstrak bahan untuk anestesi atau obat bius.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS Semantik

UTS Ilmu Alamiah Dasar

Semantik