UTS Metode Pembelajaran Bahasa
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Nama :
Risa Amaliah
NPM :
8820118029
Semester/Tingkat : 4
(empat)/2 (dua)
Progam Studi :
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Matakuliah :
Metode Pembelajaran Bahasa
Dosen :
Cinde
Adia Diningsih, S.Pd.,M.Pd.
METODE MEMBACA DAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MATERI BAHASA
INDONESIA UNTUK KELAS 1 SD
1.
Pengertian Metode Membaca dan Model
pembelajaran Picture and picture
Metode membaca (reading method)
merupakan tingkat penerapan teori-teori membaca yanga da pada tingkat model
membaca. Penerapan metode membaca dilakukan dengan cara melakukan pemilihan kemahiran
khusus yang akan digunakan untukmembaca, yaitu kemahiran memanfaatkan informasi
visuola dan nonvisual.
Model
pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model
dimana guru menggunakan alat bantu atau media gambar untuk menerangkan sebuah
materi atau memfasilitasi siswa untuk aktif belajar. Dengan menggunakan alat
bantu atau media gambar, diharapkan siswa mampu mengikuti
pelajaran dengan fokus yang baik dan dalam kondisi yang menyenangkan. Sehingga
apapun pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik dan mampu meresap dalam
hati, serta dapat diingat kembali.
2. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Metode Membaca dan Model Picture and Picture dalam materi Bahasa Indonesia untuk kelas 1 SD
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN
Cipendawa
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : 1 / 1
Tahun Ajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 2×30 Menit
Metode : Membaca
Model : Picture and Picture
A.
Standar Kompetensi
1. Membaca
Permulaan
B.
Kompetensi Dasar
1. Membaca
abjad
2. Membedakan
bunyi huruf vokal dan konsonan
3. Mengeja
suku kata
4. Membaca
Kata
5. Menyebutkan
anggota tubuh
6. Menyebutkan
kata benda
C.
Indikator
1. Membaca
abjad dengan lafal yang tepat
2. Membedakan
huruf vokal dan konsonan
3. Membaca
huruf vokal ,konsonan
4. Mengeja
suku kata
5. Membaca
kata
6. Menyebutkan
anggota tubuh
7. Menyebutkan
kata benda
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
media baca,siswa dapat membaca abjad dengan lafal yang tepat
2. Dengan
mendengarkan penjelasan dari guru,siswa dapat menunjukan 5 huruf vokal dan
konsonan dengan benar
3. Mengeja
suku kata yang sederhana
4. Membaca
kata yang sederhana
5. Dapat
membedakan anggota tubuh
6. Dapat
menyebutkan kata benda
Karakter yang diharapkan
:
teliti ,gemar membaca, disiplin, dan tanggung jawab
E.
Materi
Pembelajaran
1. Membaca
abjad dari A-Z
2. Membedakan
bunyi huruf vokal dan konsonan
3. Mengeja
suku kata yang sederhana
4. Membaca
Kata yang sederhana
5. Menyebutkan
anggota tubuh mulai dari ujung rambut hingga ujung kepala
6. Menyebutkan
kata benda yang sering digunakan
F.
Model
Pembelajaran
Picture and picture
G.
Metode
Pembelajaran
Membaca
H.
Langkah - langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Awal (Pembukaan)
|
1.Guru membuka pelajaran dengan
memberi salam dan berdoa
2. Guru mengkondisikan siswa dengan mengabsen siswa
3. Menyiapkan alat tulis ,menyiapkan
posisi duduk yang benar dan rapi
4.Guru menyampaikan bahwa hari ini
mereka akan belajar apa sesuai dengan materi.
5. Siswa mendengarkan penjelasan dari
guru dan mengulang-ngulang penjelasan.
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Guru menejelaskan materi
2.
Guru menjelaskan tata cara agar siswa
bisa membaca dengan cepat.
3.
Guru menunjukan gambar sesuai yang
akan dijelaskan.
4.
Setelah itu guru mengajak seluruh siswa untuk membaca.
5.
Setelah itu guru mengarahkan dan
memberitahukan materi yang telah diajarkan.
6.
Guru memberikan tugas kepada siswa
agar menghapal apa yang telah dijelaskan.
|
40
menit
|
Akhir
|
1.
Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.
Guru memberikan pesan untuk
dirumah agar rajin belajar.
3.
Sebelum pulang guru mengajak siswa
untuk berdo’a
|
20 menit
|
I.
Media
dan Sumber Pembelajaran :
Menggunakan Gambar- gambar sesuai dengan materi
J.
Evaluasi
Dari tiga aspek :
1) Kognitif
2) Afektif
3) Psikomotorik
Komentar
Posting Komentar